Senin, 16 Maret 2009

“MAHASISWA BUTUH KUALITAS”

Jika mempertanyakan sepak terjang mahasiswa sekarang ini, terutama dalam hal kualitas,mungkin jawaban yang berbeda akan muncul dari berbagai pihak.namun tidak dapat dipungkiri.jika kita sedikit kembali kebelakang,dengan mempertimbangkan berbagai hal yang telah terjadi saat ini,kita harus mengakui arah dan tujuan perkembangan kualitas pendidikan kita belum mencapai target yang telah diharapkan.
Sesuai dengan perkembangan zaman,tentu tuntutan akan semakin besar.ika ita lihat dari mahasiswa sekarang ini,dimana mahasiswa seringkali dihadapi dengan keterlenaan dengan kemewahan hidup.sesuai dengan realita bahwa mahasiswa sekarang ini banyak terjebak oleh kesibukan kemajuan zaman yang enyebabkan mahasiswa terlena hanya untuk mengikuti hawaq nafsu sendiri.dimana ahasiswa keseringan hanya mencari kesenangan-kesenangan sendiri tanpa menghiraukan tugas dan tanggung jawabnya sebagai harapan bangsa.
Sesuai dengan enyataan yang telah terjadi,mahasiswa sekarang banyak yang menjadi lupa diri.dimana sebagai seorang ahasiswa seharusnya menyadari bahwa dirinya adalah sebagai kaum intelektual yang mempunyai tanggung jawab besar kepada masyarakat. Sayangnya semua ini telah terabaikan.namun yang paling memprihatinkan adalah; dimana mahasiswa sekarang ini ,dalam proses studinya lebih ementingkan target akademiknya(ip tinggi cepat lulus) ketimbang kualitasnya. Sementara asih banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa itu sendiri.namun hal ini dapat dimaklumi, selain karena tuntutan pertanggung jawaban terhadap orang tua,kita juga harus menyadari betapa ketatnya persaingan dalam dunia pekerjaan saat ini. banyak sarana yang tidak jelas statusnya hanya karea susah dalam mendapatkan pekerjaan.
Globalisasi sangat berpengaruh dalam perubahan pendidikan indonesia, terutama dalam tingkat institusi.dimana saat ini,sisitem yg berlaku adalah UUD(ujung-ujungnya duit).dari awal juga sudah sangat jelas kia lihat,dimana yng masuk universitas kebayakan yg punya duit. Sementara kualitas dinomor dua kan.
Dengan bernagai peraturan sekarang ini,banyak menimbulkan fenomena baru dalam lembaga institusi saat ini. dimana dengan adanya sisitem penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan oleh universitas itu sendiri, sebagai seorang calon mahasiswa baru, harus lebih dulu mengisi formulir yang didalamnya telah tercantum batas minimal spl yg harus dibayar oleh calon ahasiswa tersebut apa bila dia nantinya diterima dalam universitas tersebut.

Tidak ada komentar: