Senin, 16 Maret 2009

CULTURE

Indonesia merupakan suatu negara yang kaya akan kebudayaan. Dengan banyaknya budaya di indonesia dapat memberikan berbagai warna-warni bagi kita. Kalo ngomong soal budaya,indonesia cocok disebut negara “culture”.maka untuk itu mari kita simak yang satu ini.
ditanya tentang “BATAK”.pastinya orang bilang batak itu keras. Maklum aja,emang kalo dari ngomongnya hal itu bisa aja terjadi. Namun dibalik hal itu orang batak itu sebenarnya berjiwa besar,lapang dada dan tegas.
Yang palin menakjubkan dari batak itu sendiri adalah; bahwa orang batak itu ibarat bunglon yang mampu menyesuakan diri dimana saja.orang batak mampu beradaptasi dimana saja dan kapan saja.orang batak sangat pintar menempatkan diri.
Sebagai seorang anak batak,satu hal yang paling perlu dipahami dan dilestarikan adalah: mengenai adat istiadat batak itu sendiri. Dimana sesuai dengan adat suku batak itu sendiri,terdapat sesuatu yg paling mutlak, yaitu marga. Dimana marga dalam batak itu adalah; dulunya nama. Kemudian nama tersebut diwariskan pada anaknya hingga turun- temurun . maka dengan marga tersebut,sebagai orang batak, kita akan mengerti silsilah orang batak atau pun silsilah kita sendiri.
Dengan adanya marga,sebagai orang batak. Dimana pun kita berada disitu pasti ada saudara kita. Molo dang appara, minimal lae.
Horas tano batak....!
Sai ingot bona ni pinasa...
Tetap martabe.....!
Bonapasogit selalu didepan.

1 komentar:

Lo Spirito mengatakan...

Ya'ahowu dari Kepulauan Nias.
Di manapun kita berada kita jangan lupa daerah asal kita dan siapa kita sebenarnya.
Sekali-sekali maen ke Nias donk, ntar gw ajarin lompat batu. He5